Sunday, April 24, 2016

Membuat Denah Lokasi Undangan dengan Corel Draw (part 1)




Tufotech.com,- Hari ini kebetulan saya dapat kerjaan untuk membuat denah lokasi peta untuk undangan diletakkan di undangan pernikahan teman saya , jadi dari pada nanti tidak sempat buat artikel blog maka saya putuskan untuk buat artikel sabilan buat denah, jadi artikelnya berupa tutorial membuat denah 3 dimensi pada undangan, angap saja ini sperti kata pepatah sambil nyelam binum kopi, heheheh…
Akan tetapi karena pembahasanya terlalu panjang maka artikel ini saya bagi menjadi tiga bagian, hal ini saya lakukan agar para pembaca tidak jenuh dalam membaca artikel yang terlalu panjang.
Baiklah, daripada saya kebanyakan bicara langsung saja kita bahas sebenarnya banyak cara atau tehnik utuk membuat denah lokasi dengan coreldraw tapi satu tehnik saja,

  1. Tahap pertama, adalah buka Corel Draw, pilih  New Blank Dokument atau bisa juga tekan Ctrl+n


  2. Klik Icon free hadtool Tool atau tekan (F5) dan kemudian buat garis pola terlebi dahulu yang berbentuk lurus.


  3. Pilih scape tool (F10), dan buat garis lekukan jika ada.


  4. Kemudian Blok seluruh pola yang kalian buat, dan selanjut outline pen san pilih ukuran outlite sesuai keinginan, kalau saya pilih 24,0 pt.


  5.  Kemudian pilh bitmab dan pilih coverst to Bitmab dan Klik ok


  6.  Klik trace bitmamp dan pilih Quick Tracer


  7.  Selanjutnya geser kekan pola tersebut dan hapus pola dibelakangnya


  8. 8.    Lalu pilih outlene pen dan pilh width 1.5 pt, dan klik ok


  9. Pilih fill color dan pilih warna putih dan klik ok


  10. Kemudian ungroup, klik pda area luarkosong  dan klik area kosong dalam kotak  untuk  menghapus garis kotak tersebut dan selanjutnya blok seluru objek dan grup kembali objek tersebut


Denah dua dimensi sekarang sudah jadi tinggal anda menambahkan tulisan nama jalan dan memilih objek teks pada sudut kiri layar, demikian tutorial membuat denah lokasi  untuk undangan selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat denah lokasi 3 dimensi tahap pertama untuk undangan. Baca juga tutoria membuat denah lokasi tiga dimensi tahap ke dua.





EmoticonEmoticon